Iklan di bawah Navigasi

Normalkah Bayi Baru Lahir Begini?

Kondisi Normal Bayi Newborn - Pegud

Hallo Bunda.. Bagi bunda yang anaknya baru lahir, apalagi kalau anak pertama, pasti bunda sering bertanya-tanya apakah bayi bunda normal atau bagaimana? Biasanya bunda akan merasa khawatir saat berat bayi bunda turun di minggu pertama, atau bayi sering mengalami cegukan. Nah bunda berikut ini mimin rangkumkan kondisi normal bayi baru lahir yang sering bunda khawatirkan.

1. Berjerawat

Pernah ngga si bayi baru lahir bunda kaya berjerawat beruntusan wajahnya? Kalau iya, tenang saja bun. Hal ini terjadi karena hormon dari ibu dapat membuat bayi bejerawat. Selain itu, pori-pori bayi memang belum berkembang sempurna sehingga mudah dimasuki kotoran. Jerawat ini akan hilang dengan sendirinya kok bun, yang terpenting tetap jaga kebersihan yah!

2. Berat Badan Turun pada Minggu Pertama

Bunda, berat badan bayi baru lahir memang akan menyusut pada seminggu pertama dan akan kembali ke berat lahir pada hari ke-10 hingga ke-14. Penurunan berat badan bayi yang tidak lebih dari 10% masih dikategorikan aman kok bun.

3. Dada Membesar

Hormon ibu selama kehamilan sering kali dapat membuat dada bayi menjadi besar. Dada yang membesar ini juga dapat hilang dengan sendirinya ya bun.

4. Mata Juling

Nah, kalau bunda merasa mata anak bunda kok seperti juling, tenang dulu ya bunda. Sistem kontrol mata pada bayi baru lahir memang masih belum sempurna, sehingga wajar saja mata bayi masih sering juling. Kalau sudah di atas usia 6 bulan mata bayi bunda masih sering juling, segera konsultasikan ke dokter ya bunda.

5. Sering Cegukan

Cegukan dapat terjadi pada bayi baru lahir. Hal ini dikarenakan fungsi saraf yang mengatur diafragma belum matang dalam menjalankan fungsinya. Seiring bertambahnya usia bayi , cegukan akan semakin berkurang.

6. Ubun-Ubun Berdenyut

Ubun-ubun bayi baru lahir memang akan berdenyut karena belum menyatu dan sempurnanya belahan tulang tengkorak. Sekitar usia 2 bulan, belahan tulang tengkorak ini baru akan menyatu.

7. Punggung dan Pantat Kebiruan

Bercak kebiruan ini disebut sebagai Mongolian Spot bunda. Bercak biru merupakan pengumpulan sel-sel kulit melanosoit. Bercak ini akan hilang dengan sendirinya.

8. Sering Bersin

Sama halnya dengan sering cegukan, bersin juga termasuk proses pematangan sistem pernafasan bayi. Ini hal yang normal ya , bunda tidak perlu khawatir.

9. Kaki dan Tangan Lebih Sering Menekuk

Bunda, posisi kaki dan tangan yang sering menekuk ini adalah bawaan dari dalam kandungan yang posisinya selalu meringkuk. Kelak akan berubah dengan sendirinya.

10. Ada Bercak Darah di Popoknya

Lagi dan lagi, hal ini bisa terjadi karena pengaruh hormon esterogen dari ibu. Jika ini terjadi setelah bayi berusia lebih dari 3 minggu, segera konsultasikan ke dokter ya bunda.

11. Sering Kaget Saat Tidur

Kaget saat bayi tertidur sebenarnya adalah pengaruh refleks Moro yang lazim terjadi pada bayi baru lahir. Selain kaget, ada saatnya bayi menangis sesaat sebelum akhirnya tertidur lagi. Ini sangat normal dan biasanya akan berangsur-angsur menghilang setelah bayi berusia 4 bulan.

Nah demikian ringkasan tentang keadaan normal bayi baru lahir yang sering bunda khawatirkan. Mulai sekarang bunda tak perlu khawatir lagi ya?

Belum ada Komentar untuk "Normalkah Bayi Baru Lahir Begini?"

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel