Iklan di bawah Navigasi

Mitos VS Fakta Bayi Baru Lahir

 

Mitos dan Fakta Bayi Lahir

Hallo Bunda, Pernah ngga si, si kecil dilarang begini dan begitu dengan alasan yang kadang tidak begitu jelas? Sebagai parent di dunia modern tentu terkadang kita menjadi dilema dengan mitos-mitos seputar bayi baru lahir. Nah, mimin sarankan ya, bunda bekali diri dengan ilmu-ilmu yang valid dan sesuai dengan perkembangan dunia kesehatan. Supaya lebih simpel, nih mimin rangkumkan mitos dan fakta seputar bayi baru lahir.

1. Tidak boleh memotong kuku bayi sebelum 40 hari.

Faktanya, sejak lahir pun bayi boleh dipotong kukunya dengan syarat harus ekstra berhati-hati karena kulit bayi yang tipis dan sensitif. Nah, justeru apabila kuku terlalu panjang dan bunda lupa tidak memakaikan sarung tangan, bisa-bisa bayi bunda tercakar-cakar kulitnya karena tangannya sendiri.

2. Pusar yang bodong harus ditempeli koin.

Faktanya, otot dinding bayi memang masih lemah sehingga saat menangis, misalnya, akan terlihat menonjol. Ingat ya bun, jangan meletakkan apapun di pusar bayi untuk mencegah infeksi!

3. Kaki dibedong dengan kuat supaya kaki bayi tidak bengkok atau berbentuk O.

Faktanya, tidak ada hubungan antara bedong dengan bentuk kaki. Semua kaki bayi memang bengkok pada awalnya terkait posisi waktu di rahim. Seiring menguatnya tulang, kaki akan lurus dengan sendirinya. Nah, justeru kalau dibedong dengan kuat, bayi akan merasa kurang nyaman, apalagi kalau dalam waktu lama. Coba deh bunda dibedong kuat-kuat, pasti sumpek kan wkwkwk

4. Bayi baru lahir harus dipakaikan gurita agar perutnya tidak buncit.

Faktanya, semua bayi baru lahir akan memiliki perut yang ukurannya lebih besar daripada dada. Memasang gurita terlalu kencang justeru dapat mengganggu pernafasannya.

5. Bayi tidak boleh keluar rumah sebelum 40 hari.

Faktanya, karena daya tahan tubuh bayi masih lemah, sebaiknya jangan mengajak bayi ke tempat keramaian seperti mal atau pasar.

6. Hidung bayi harus sering ditarik-tarik supaya mancung.

Faktanya, tidak ada hubungannya antara hidung bayi yang ditarik dengan kemancungan bayi. Hal ini dikarenakan, kemancungan hidung sangat berpengaruh dari faktor genetik. Malah akan menjadi pertanyaan besar ketika ayah dan bunda hidungnya pesek tetapi si bayi hidungnya mancung wkwkwk.

7. Pisang boleh diberikan pada bayi usia seminggu supaya cepat kenyang.

Faktanya, pemberian MPASI terlalu dini justeru dapat berbahaya untuk bayi. Bayi hanya membutuhkan ASI atau susu formula dari lahir hingga usia 6 bulan. Big NO ya bunda!

Nah, demikian rangkuman tentang mitos pada bayi baru lahir. Ayo bunda, terus semangat belajar untuk pertumbuhan si kecil yang lebih maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Mitos VS Fakta Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel