Iklan di bawah Navigasi

Covid-19: Pengawasan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Peserta Didik

Covid-19: Pengawasan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Peserta Didik

by: Tomy MA, Mahasiswa Pascasarjana Manajemen Pendidikan UNNES
Minggu, 17 Mei 2020

Daring - Belajar dalam jaringan, sumber gambar: sevima.com
Tomy MA - Adanya wabah penyakit corona virus disease 2019 atau disingkat covid-19 yang diketahui mulai mewabah pada akhir tahun 2019 di kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Saat ini sudah menyebar hampir ke seluruh negara termasuk Indonesia, sehingga WHO (World Health Organization) menetapkan sebagai pandemi global.

Banyaknya korban dan cepatnya penyebaran virus melalui kontak antar manusia, membuat pemerintah Indonesia menerapkan berbagai kebijakan guna mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona, hal ini membuat banyak sektor yang terdampak akibat kebijakan tersebut, termasuk dalam bidang pendidikan yang mengharuskan menerapkan physical distancing atau menjaga jarak dengan cara belajar dari rumah atau pembelajaran daring untuk menghindari aktivitas pertemuan dan kerumunan.

Peralihan cara pembelajaran tatap muka di sekolah menjadi belajar di rumah dan atau daring, memaksa berbagai pihak untuk turut serta mengikuti alur yang sekiranya dapat ditempuh agar proses belajar-mengajar dan bimbingan tetap berlangsung dengan baik.

Kurangnya pengawasan peserta didik akibat keterbatasan pada jumlah guru yang ada di sekolah membuat peran orang tua atau wali murid menjadi sangat penting dalam melakukan pengawasan dan bimbingan terhadap anak-anaknya yang belajar di rumah dan atau secara daring.


Dalam keadaan darurat seperti sekarang ini, rumah menjadi bertambah fungsi yang menjadi tempat pertama dan utama dalam mendidik anak. Oleh sebab itu, proses belajar di rumah mereka perlu bimbingan dari para orang tua bagaimana mengawasi, mendidik dan memberikan ilmu pengetahuan kepada anak, sebab pada dasarnya sekolah dan guru merupakan fasilitator semata.

Sejatinya pendidikan anak merupakan tanggung jawab mutlak orang tua, kegiatan belajar di rumah memaksa orang tua untuk terlibat secara langsung dalam memberikan keteladanan dan pendidikan anak secara langsung.

Proses pembelajaran daring bukan tanpa hambatan, diketahui banyak menimbulkan masalah baru, banyak peserta didik yang mengeluhkan cara pengawasan dan bimbingan orang tua yang tepat seperti mereka belajar di lingkungan sekolah.

Belum ada Komentar untuk "Covid-19: Pengawasan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Peserta Didik"

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel