Iklan di bawah Navigasi

Tips Mengenali dan Cara Mengatasi Komentar Spam

Spam komentar blog
Spam komentar blog
Mengatasi Komentar Spam di blog - Hallo sobat blogger yang selalu semangat untuk membuat koten yang bermanfaat. Konten yang dibuat dan dipublikasikan di internet tentunya akan bisa dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi blog kita.

Namun semua pengunjung blog kita tidak semua berniat membaca informasi yang ada kemudian merespon dengan komentar apresiasi, saran maupun kritik melainkan ada juga yang hanya sekedar membuat spam saja pada kolom komentar.

Komentar spam merupakan komentar yang kurang atau bahkan tidak relevan dengan artikel yang disajikan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi terkait ciri-ciri komentar spam yang di sisipkan oleh visitor. Memuat konten dalam dunia blog akan kita temukan berbagai saran, kritik dan komentar.

Dalam blogger sendiri sudah terdapat kolom untuk memberikan komentar tentang materi yang ada dalam artikel yang kita buat yang secara default sudah aktif dan bisa digunakan oleh pengunjung blog kita.

Perlu digaris bawahi bahwa tidak semua komentar dari pengunjung memberikan manfaat baik bagi kita sebagai pengelola blog maupun bagi pengunjung lainnya. Oleh karena itu kita perlu memahami ciri-ciri komentar blog yang terindikasi sebagai komentar spam. Setelah mengenali ciri-cirinya, maka kita dapat atasi dengan cara-cara yang efektif.


Komentar blog adalah tulisan dari visitor yang diketik atau ditulis oleh pengunjung blog melalui kolom komentar. Munculnya komentar di blog karena memang blog Anda ditemukan oleh mesin pencari oleh visitor (sudah terindex oleh mesin penelusur).

Akibat komentar yang tidak bermanfaat yang disisipkan oleh pengunjung akan membuat blog Anda ikut dianggap blog spamming oleh Google sehingga blog Anda bisa saja hilang dari mesin pencarian Google.

Nah, untuk itu setiap komentar yang ada pada blog Anda perlu difilter dan disaring mana yang komentar spam dan mana komentar yang baik. Untuk mengenali komentar spam di blog maka dengan ini saya akan menguraikan secara lengkap dan rinci bagaimana ciri-ciri komentar spam di blog.

Ciri-Ciri Komentar Spam


Seperti apa ciri-ciri yang dapat kita nilai sebagai komentar spam atau tidak? Baik, sobat blogger langsung saja ini dia ciri-ciri komentar yang tidak relevan atau komentar spam yang masuk di blog kita adalah sebagai berikut:

Komenter Yang Menyisipkan Link di Akhir Kalimat


Komentar yang biasanya diakhir kata terdapat link website atau link blog yang mengundang kita untuk berkenjung lain ke webnya adalah komentar spam. Contohnya komentar spam "Terima kasih sangat bermanfaat, kunjungi juga blog saya www.apalahapalahe.blogspot.com "

Komentar yang menaruh link blog seperti di atas dapat memperburuk reputasi blog kita di mesin pencari sehingga blog kita yang dulunya adalah reputasi baik sangat mungkin berubah peringkatnya oleh mesin pencari.


Komentar Yang Tidak Relevan dan Tidak Nyambung Dengan Artikel


Komentar yang sangat jauh atau melenceng dari topik pembahasan dalam artikel kita adalah kategori komentar spam sehingga dapat memperburuk kualitas blog di mesin pencari. Seperti apa komentar yang tidak sesuai?

Contoh saja begini "Sebuah konten dengan topik cara membuat blog yang mana konten ini sangat mendukung posisi paling atas di mesin pencari, pengunjung juga banyak maka komentar yang menunggu dimoderasi juga banyak, Ketika kita melihat komentar para pengunjung adalah komentar tentang promosi obat-obatan.

Komentar yang mempromosikan sesuatu produk pada halaman cara membuat blog ini adalah komenter yang tidak sesuai dengan konten sehingga masuk dalam komentar spam di blog. Bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasi komentar yang tidak relevan dengan topik langsung dihapus saja.

Komentar Yang Singkat Adalah Komentar Spam di Blog


Komentar yang hanya sepatah kata adalah komentar spamming. Kalau kita melihat komentar yang hanya satu dua kata yang di ketika oleh pengunjung hanya sekedar koment, kemungkinan dia tidak membaca seluruh artikel, atau mungkin tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang topik yang dibaca.

Contoh komentar yang singkat " bagus gan, terima kasih atas infonya, thank gan, dan lain-lain. Cara mengatasi komentar yang singkat ini langsung saja dihapus, jangan dipublish karena komentar ini adalah bagian dari komentar spam di blog.

Komentar yang sama atau hanya copy dari komentar yang lain


Komentar yang panjang tidak selalu merupakan komentar yang baik. Perlu kita baca seluruh komentar dari para pengunjung, apakah ada komentar yang sama dari sekian banyak pengunjung atau tidak?


Sering kali terdapat komentar yang sama karena di copy-paste dari komentar lain karena malas mengetik komentar meskipun komentarnya panjang tetapi itu adalah hasil copy-paste dari komentar lain. Perbuatan ini adalah komentar yang spam sehingga baiknya harus langsung dihapus saja.

Pengulangan Kata-kata yang sama dalam komentar


Pengulangan kata yang sama dalam komentar adalah komentar spam yang terdapat dalam blog. Contohnya pengulangan kata "makasih gan" lebih dari 3 kali atau pengulangan kata lain yang melebih 3 kali. Pengulangan kata dalam memberikan komentar blog dapat dikatakan sebagai duplicat content sehingga dapat memperburuk kualitas blog anda.

Komentar Yang Menggunakan Anonim


Komentar yang menggunakan pengguna anonim adalah komentar spam, anonim adalah penyamaran yang dilakukan pengguna dengan tujuan menyembunyikan identitasnya.

Anonim adalah seseorang yang tidak menggunakan identitas baik nama, alamat dan gambar avatar dirahasiakan sendiri di internet. Mereka tidak mau identitasnya terekspos didunia maya. Jika ditemukan komentar yang menggunakan identitas anonim di blog Anda maka baiknya harus segera dihapus.

Komentar dari Pengguna Yang Tidak Menggunakan Gambar Avatar


Seseorang yang memiliki email dari web server memilki fitur khusus untuk mengopload gambar profil. Gambar profil memang tidak wajib diopload oleh pengguna. Seperti kita memilki akun google kita dapat mengopload gambar profil kita dalam akun, namun tidak wajib untuk memuat dalam gambar/foto profil google.

Sering kali kita dapatkan komentar-komentar dari pengguna akun google yang tidak menggunakan foto profil. Komentar yang tidak menggunakan gambar avatar/foto profil yang masuk di blog bisa kita curigai sebagai komentar spam. Baca baik-baik komentarnya, jika memuat ciri-ciri komentar spam seperti ciri-ciri sebelumnya, lebih baik dihapus saja.

Itulah ciri-ciri yang bisa membantu kita mengenali suatu komentar tergolong spam atau bukan. Seoga bermanfaat bagi para blogger semua. Salam !

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengenali dan Cara Mengatasi Komentar Spam "

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel