Iklan di bawah Navigasi

Trik Berjualan di Shopee Tanpa Modal Wajib Anda Coba

Pegud.com - Marketplace berjualan online Shopee ID merupakan tempat berdagang online yang sangat efektif. Anda dapat memulai bisnis berjualan produk Anda di masterplace ini.

Pada awal peluncurannya di Singapura pada 2015 lalu, beberapa negara jangkaunnya adalah Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. bahkan awal tahun 2019 kemarin, Shopee juga sudah aktif di negara Brasil, menjadikannya Shopee pertama di luar Asia.

Trik Jualan di Shopee tanpa modal
Trik Jualan di Shopee tanpa modal
Penggunanya kebanyakan adalah pedagang yang berasal dari UMKM sebelum Shopee sampai sepopuler sekarang ini. Setelah ramai dan terbukti banyak penggunanya, bahkan memiliki brand Toko Online Nomor 1 di Indonesia, brand-brand perusahaan ternama pun turut ikut berkompetisi di marketplace Shopee.

Kita tahu bersama bahwa sekarang ini sudah memasuki era digital yang mana budaya konsumen sudah cenderung beralih ke transaksi online.

Dengan segala bentuk kemudahan dan kepraktisan nyaris semua orang menyukai berbelanja online ketimbang cara konvensional.

Shopee merupakan salah satu marketplace yang tengah booming di tahun 2020 ini selain Tokopedia dan Bukalapak. Bagaimana tidak, dengan berbagai strategi pemasaran yang luar biasa Shopee dapat menarik para konsumen untuk berbelanja di situsnya bahkan mampu meningkatkan repeat order berkali-kali dengan startegi-strateginya yang sangat menarik.

Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2015 silam, Shopee memiliki target yakni dapat menjadi penyedia marketplace atau tempat berbelanja online yang mudah, praktis dan banyak memiliki keunggulan yang menguntungkan baik bagi konsumen maupun para penjualnya.

Beberapa keunggulan dari marketplace bernama Shopee ini antara lain sebagai berikut:

Marketplace Shopee Berpihak Pada UKM

Jika super market maupun minimarket biasanya hanya menjual produk-produk dari perusahaan besar dan produksi pabrikan, berbeda dengan Shopee yang tidak membatasi siapa yang boleh berjualan. Siapa saja dipersilahkan untuk dapat menjadi seller di Shopee.


Apapun jenis produk yang Anda miliki dapat Anda jual selama tidak melanggar syarat dan ketentuan Shopeeyang ditetapkan.

Dengan berjualan melalui marketplace Shopee, Anda bisa lebih berkembang. Mengapa? karena kompetitor Anda adalah sesama UKM. Hal penting yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas barang atau produk yang Anda jual, dengan begitu Anda dapat memenangkan persaingan.

Sebagai platform tempat berjualan online yang mengkalim terbaik nomor 1 di Indonesia, Shopee menyediakan begitu banyak kategori barang. Dengan demikian produk apa saja yang akan Anda pasarkan di Shopee akan ada kategori yang sesuai.

Pengguna Shopee Sangat Luas dari Berbagai Latar Belakang

Keunggulan yang kedua adalah pangsa pasar yang luas dari berbagai kalangan dan latar belakang. Mulai dari mahasiswa hingga pengusaha, dari yang kaya hingga yang tak punya, pria wanita, remaja sampai dewasa dan orang tua semua ada.

Dengan banyaknya ragam latar belakang pengguna Shopee ini, Anda dapat dengan bebas menjual apapun di sini yang memungkinkan tetap memiliki pembeli yang membutuhkan produk Anda.

Tidak hanya dari ragam latar belakang pengguna saja, saati ini pengguna Shoppe sudah mencapai angka jutaan orang pengguna. Wow! ini menjadikan Shopee terlihat seperti layanan iklan gratis! mengapa? karena Anda dapat memajang produk dagangan Anda tanpa dipungut biaya satu rupiah pun.

Bisa Anda bandingkan dengan iklan baris misalnya, jauh sekali perbedaannya. Moleh karena itu manfaatkanlah database pengguna Shopee yang beragam dan melimpah tersebut guna menjual produk dagangan Anda.

Shopee Menyediakan Fasilitas Upload Produk Masal yang Sangat Mudah

Inilah keunggulan berikutnya dari Shoppe. Shopee memberikan fasilitas kemudahan bagi para penjualnya agar dapat menposting produk-produk mereka secara masal. Jelas ini sangat membantu kita karena kita sebagai penjual tidak perlu repot-repot mengunggah prudk dagangan kita satu per satu.

Ini sangat menguntungkan terlebih jika Anda memiliki banyak produk yang akan dijual sedangkan Anda tidak punya cukup waktu untuk menguploaadnya satu demi satu.


Jika Anda tertarik untuk memulai berjualan di Shopee, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Shopee bisa Anda download melalui Google Playstore jika Anda menggunakan Android dan di AppStore jika Anda adalah pengguna iPhone.

Selesai menginstal aplikasi Shopee, lakukan registrasi akun. Anda akan diwajibkan untuk mengisi beberapa data dan menvalidasinya.

Yang harus Anda siapkan adalah Nomor HP dan sebuah email aktif, baik gmail maupun yahoo atau lainnya. Setelah registrasi selesai, isilah halaman profil Anda, setelah itu Anda dapat membuat toko di halaman profil tersebut.

Beerikutnya, Anda sudah dapat langsung memulai untuk mengupload produk Anda di Shopee.

Catatan: Untuk menggunakan fitur upload produk secara masalah untuk saat ini hanya baru bisa dilakukan menngunakan PC (komputer) atau laptop, belum mendukukng melalui perangkat mobile.

Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dalam mengupload produk di Shopee antara lain :


1. Produk yang Boleh Dijual di Shopee

Pastikan produk yang akan Anda jual bukan merupakan produk terlarang. Anda dapat membacanya di syarat dan ketentuan Shopee.

2. Pastikan Judul Produk Mewakili Barang yang Dicari Oleh Calon Pembeli

Kebanyakan calon pembeli atau konsumen mencari merk atau produk dari dua hal yaitu mencari solusi atas masalah yang mereka alami. Jadi pastikan judul produk Anda menampakan dua hal tersebut.

Misalnya, seseorang yang mencari pelembab bibir, kemungkinan jika ia sudah tahu apa yang dicari, ia akan mengetikan salah satu merk pelembab bibir, misalnya mengetikan “Lucas Papaw”.

Bagi yang belum tau merk produknya, dan mencari produk pelembab bibir, ia akan mengetikan “Pelembab bibir”.

Nah, kedua hal ini dapat menjadi nama produk dagangan Anda nantinya. Menariknya lagi, Shopee mengizinkan para seller untuk menjual produk yang sama namun dengan judul produk yang berbeda.

Jadi strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengupload produk pertama dengan “Lucas Papaw Import 100% Original”, misalnya dan juga “Pelembab Bibir Tahan Lama Original Kualitas Import”

Dengan setrategi seperti ini, produk Anda dapat muncul pada 2 pencarian yang berbeda.

3. Gunakan Deskripsi Produk yang Jelas

Deskripsi menggambarkan produk yang Anda jual. Anda harus pandai membuat deskripsi produk semenarik mungkin namun tetap sesuai dengan kualitas prosuk Anda. Hal ini penting agar calon konsumen tahu tentang produk yang Anda jual sehingga mereka akhirnya tertarik dan membeli produk Anda.

Peran dari deskripsi produk sangatlah penting. Namun sayangnya masih banyak sekali seller yang membuat deskripsi seadanya tanpa ada konsep yang jelas tentang produk apa yang sebenarnya ditawarkan kepada calon pembeli.

Nah, di sini bisa jadi keuntungan bagi Anda jika Anda mampu membuat deskripsi yang jelas dan menarik sehingga membuat calon pelanggan Anda yakin dan percaya dengan penjelasan produk yang Anda tawarkan sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk Anda.

Pada prinsipnya deskripsi memberikan konsumen pemahaman dan gambaran mengenai produk meliputi manfaat, ukuran, dan detail lain dari produk yang Anda jual.

Salah satu cara meningkatkan nilai tambah produk adalah dengan menjelaskan produk tersebut secara detail sehingga meminimalisir respon negatif dari pembeli karena produk sudah Anda jelaskan sedetail-detailnya sebelum konsumen memutuskan untuk membeli. Dengan begitu juga konsumen tidak merasa ditipu karena setelah meneri barang yang ia beli di toko Anda.

Itulah alasan mendasar mengapa Anda harus membuat deskripsi yang jelas dan detail mengenai produk yang Anda jual.

Mencoba Fitur Iklanku Shopee

Jika seseorang tertarik memulai bisnis tanpa modal, ada dua kemungkinan alasan yakni:
1. Tidak memiliki uang atau modal
2. Tidak memiliki keberanian untuk mengabil risiko kerugian

Untuk alasan yang pertama sepertinya tidak perlu saya bahas di artikel ini. Saya hanya akan ulas alasan pion nomor 2, yaitu tidak memiliki keberanian untuk mengabil risiko kerugian.

Maksudnya saat seseorang mencoba bisnis dan nantinya gagal, maka tidak perlu menanggung risiko kehilangan uang yang dijadikan modal bisnis.

Namun perlu Anda tahu bahwa sikap seperti ini menunjukan sikap pengecut dimana seseorang terlihat setengah hati atau tidak ada niat totalitas dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Tentu saja orang dengan tipikal seperti ini kemungkinan berhasil atau suksesnya tidak sebesar peuang suksesnya orang-orang yang totalitas dan berani mengabil risiko bisnis.

Namun sebaliknya juga, berapapun uang yang digunakan untuk memuali bisnis, tidak ada yang menjamin bahwa bisnis tersebut akan berhasil dan sukses.

Penekan saya pada artikel ini adalah, kita bisa melihat uang sebagai pengungkit yang efektif jika ditempatkan di tempat yang tepat.

Tempat yang tepat adalah dimana kita dapat menggunakan faktor kali, artinya dengan seminimal mungkin upaya agar mendapatkan sebanyak mungkin hasil.

Di antara daya ungkit ini adalah promosi atau iklan. Anda dapat menggunakan Iklanku Shopee untuk sekedar melihat efeknya.

Ada begitu banyak orang yang bersaing di Shopee saat ini namun tidak begitu banyak yang bersaing di Iklanku, sebetulnya inilah ceruk pasar yang dapat anda ambil.

Dengan menargetkan secara tepat, produk yang anda jual akan dilihat oleh pembeli. Sekali lagi, menargetkan secara tepat.

Karena bagaimanapun iklan harus terukur dan teruji seringkali dalam beberapa kasus dan produk berhasil dan yang lainnya tidak dan ini yang perlu anda cari tahu lebih lanjut.

Ini adalah opsi lainnya yang dapat saya berikan, bagaimanapun Shopee tetaplah gratis dan gratis jika dikelola dengan tepat akan menjadi jauh lebih baik.

Pada dasarnya berjualan di Shopee tidaklah jauh berbeda dengan jualan secara konvensional, Anda harus mampu melakukan manajemen toko dengan baik, melayani konsumen dengan baik pula dan lain sebagainya.

Ini semua dapat dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun kecuali Anda menjadi star seller.

Apa Itu Star Seller

Star seller adalah kondisi dimana Anda sudah mendapatkan reputasi yang bagus dan penjualan bagus yang rutin sehingga Shopee memberikan tanda star seller kepada Anda.

Tanda Star Seller ini akan menjadi salah satu pendorong konsumen untuk membeli produk yang Anda jual karena membuat mereka yakin dengan kualitas produknya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai sekarang juga berjualan di Shopee sampai Anda meraih predikat Star Seller. Selamat mencoba dan semoga berhasil dan sukses.

Belum ada Komentar untuk "Trik Berjualan di Shopee Tanpa Modal Wajib Anda Coba"

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel