Iklan di bawah Navigasi

Cara Mencegah Virus Corona di Tempat Kerja

Tempat kerja
Tempat kerja, sumber gambar: amazonaws.com
Pegud.com - Penyebaran virus corona sudah semakin meluas di berbagai penjuru dunia. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) resmi menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global. Oleh karena itu, seluruh pihak dari berbagai aspek harus bekerja sama untuk menahan penyebaran virus, termasuk di tempat kerja.

Dalam keterangan tertulis yang dirilis pada Selasa (3/3/2020), WHO memberikan beberapa saran bagi para pekerja maupun perusahaan untuk meminimalisir risiko terinfeksi virus corona, mulai dari pencegahan individu hingga tempat kerja. Cara mudah mencegah penyebaran virus di tempat kerja Setiap pekerja harus mulai memerhatikan kebersihan dan lingkungan tempat kerja meskipun virus belum sampai di lingkungan mereka.

Cara yang dapat dilakukan untuk cegah Virus Corona di tempat kerja


1. Memastikan tempat kerja bersih dan higenis

Permukaan barang-barang seperti meja, telepon, keyboard, dan lainnya harus dibersihkan secara berkala. Pasalnya, virus bisa menular melalui droplet batuk atau bersin yang menempel di permukaan benda dan disentuh oleh orang lain.


2. Mempromosikan serta menerapkan kebiasaan cuci tangan dengan benar

Sediakan hand sanitizer di berbagai lokasi tempat kerja serta berikan akses bagi para staf, karyawan, dan pelanggan untuk dapat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Tempelkan poster dan sejenisnya yang mengajak orang untuk rajin mencuci tangan. Sebab, mencuci tangan dapat membunuh virus dan mencegah penyebaran Covid-19.

3. Kampanyekan kebersihan pernapasan yang baik di tempat kerja

Pastikan masker wajah (masker wajah bedah biasa, bukan masker N95) dan tisu tersedia di tempat kerja, khususnya bagi mereka yang sedang mengalami batuk pilek. Sediakan juga tempat sampah tertutup agar lingkungan lebih higienis.

4. Meminta saran dari agen perjalanan nasional sebelum melakukan perjalanan bisnis


5. Berikan saran kepada pekerja yang sedang sakit untuk bekerja dari rumah

Jika virus mulai menyebar di lingkungan tempat kerja, setiap orang yang mengalami batuk ringan atau demam (dengan suhu 37.3 derajat Celsius atau lebih) disarankan untuk bekerja dari rumah.

Mereka yang menjalani pengobatan sederhana, seperti mengonsumsi paracetamol/acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin, juga harus tetap berada di rumah. Perusahaan juga harus memastikan setiap karyawan yang tidak bekerja terhitung sebagai izin sakit.


Bagaimana mempersiapkan lingkungan kerja dari Virus Corona?

1. Susun rencana menghadapi virus corona

Setiap tempat kerja harus menyediakan ruangan khusus untuk mengisolasi karyawan terduga corona serta persiapkan langkah-langkah untuk mengidentifikasi virus. Jika ada karyawan yang memiliki risiko tinggi terinfeksi corona, jangan biarkan terjadinya stigma dan diskrimasi di lingkungan kerja Anda. Kemudian, hubungi pihak pelayanan kesehatan publik untuk langkah selanjutnya.

2. Terapkan sistem kerja jarak jauh

Pihak pelayanan kesehatan publik telah memberikan peringatan untuk menghindari kerumunan orang serta penggunaan transportasi umum. Oleh karena itu, bekerja dari rumah akan sangat membantu untuk mengurangi risiko penyebaran virus.

3. Persiapkan rencana agar bisnis tetap berjalan meskipun para pekerja tidak dapat hadir ke lokasi kerja

Informasikan rencana yang akan dilakukan perusahaan sehingga tiap karyawan mengetahui apa yang harus mereka lakukan.

Pastikan rencana yang disusun memerhatikan kondisi mental serta konsekuensi sosial dari Covid-19 di lingkungan kerja Anda.

Untuk bisnis berskala kecil dan yang tidak memiliki staf kesehatan, bekerja samalah dengan pelayanan kesehatan publik setempat untuk menyusun rencana menghadapi Covid-19.


Artikel ini dikutip dari : Kompas.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah Virus Corona di Tempat Kerja"

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel