Iklan di bawah Navigasi

7 Template Blogger 2020 Responsive dan Gratis

7 Template Blogger 2020 Responsive dan Gratis - Apakah Anda sedang mencari template blogger yang responsive dan gratis? Blogger sebagai platform blog yang sudah matang telah menyediakan beragam template responsive yang menarik. Namun, jika template bawaan tidak sesuai dengan keinginan Anda, menggunakan template buatan pihak ketiga mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Akan tetapi kebanyakan template yang dibuat oleh para pakar web desainer umumnya berbayar, nah bagaimana jika Anda ingin menggunakannya tanpa harus merogoh kocek sedikitpun? Tidak usah khawatir. Pada artikel ini, saya akan mengulas 7 template blogger 2020 yang responsive dan juga gratis yang bisa digunakan untuk blog Anda.

Inilah 7 Template Blogger 2020 Responsive dan Gratis

Saran saya, gunakanlah template yang sesuai dengan jenis blog yang Anda miliki.

1. Typography 

Template Blogger Responsive Typography
Template Blogger Responsive Typography
Bagi Anda yang membangun blog dengan mengedepankan tulisan, inilah template untuk Anda. Typography cocok untuk blog pribadi maupun blog bagi penulis untuk menunjukkan hasil karyanya.

Template blogger ini sangat minimalis sehingga memudahkan Anda menuliskan ide tanpa bingung memilih gambar yang tepat. Sesuai dengan namanya, Typography menggunakan jenis font yang enak dibaca. Tujuannya, membuat pengunjung Anda ingin berlama-lama membaca posting Anda yang menarik.

Jangan khawatir dengan performa template ini. Typography ramah SEO dan memiliki waktu loading yang cepat. Tidak hanya itu, template blogger ini sudah fully-responsive dan memiliki banyak fitur, seperti auto-resize thumbnail dan lainnya.

2. Button

Template Blogger Responsive Button
Template Blogger Responsive Button
Jika Anda mencari template blogger minimalis dengan dua kolom, Button layak Anda jadikan pilihan. Tampilannya yang segar bisa digunakan untuk blog pribadi, maupun blog yang bertema dekorasi rumah, parenting, dan fashion.

Untuk membuat tampilannya ringkas, Button sudah menyediakan drop-down menu. Di bagian atas, Anda juga akan menemukan berbagai ikon media sosial yang memudahkan pengunjung berbagi (share) artikel yang disukai ke teman-teman mereka.

Tidak hanya itu, template blogger ini sudah mendukung Google Font dengan pilihan font yang lebih banyak. Sayangnya, versi gratis template ini belum mendukung SEO. Namun, Anda bisa menggunakannya di banyak domain dan akan tetap mendapat update spanjang masa.

3. NeoMag

Template Blogger Responsive NeoMag
Template Blogger Responsive NeoMag
Membangun sebuah blog majalah menggunakan NeoMag tentu pilihan tepat. Alasannya, template blogger ini memang dirancang untuk menonjolkan featured image dengan cantik.

Anda juga bisa menggunakan template ini untuk jenis blog lain seperti blog pribadi ataupun bisnis yang membutuhkan clean layout. Karena mengusung konsep simple namun elegan, NeoMag membutuhkan waktu singkat untuk loading halamannya.

Walaupun Anda bisa menggunakan template ini secara gratis, Anda harus rela melewatkan adanya pembaruan dan tidak mendapat bantuan layanan (support).

4. Pilvia

Template Blogger Responsive Pilvia
Template Blogger Responsive Pilvia
Pilvia adalah template blogger responsive yang dibuat menggunakan Bootstrap. Dengan menggunakan framework ini, tentu saja tampilan yang cantik baik di desktop maupun ponsel menjadi jaminannya.

Template ini memang paling cocok digunakan untuk blog portfolio Anda. Namun, jangan khawatir, Pilvia sebenarnya adalah template multipurpose. Artinya bisa digunakan untuk jenis blog lain seperti blog pribadi atau bisnis.

Apakah Anda menggunakan Adsense? Pilvia bisa menjadi pilihan tepat karena template ini sudah teroptimasi untuk Adsense.

Selain itu, Pilvia juga ramah SEO dan memiliki pilihan custom widget untuk membuat blog Anda tampil istimewa.

5. Ratio

Template Blogger Responsive Ratio
Template Blogger Responsive Ratio
Jika beragam foto yang menarik menjadi andalan Anda menarik pengunjung, gunakanlah Ratio untuk blog Anda.

Template blogger responsive ini tampil minimalis dengan aksen merah yang elegan. Berpindah antar halaman bukanlah hal sulit berkat dropdown menu yang dihadirkan di bagian atas template ini.

Penggunaan jenis font yang enak dibaca membuat pengalaman mengunjungi blog Anda kian menyenangkan dengan template blogger ini. Tak lupa, fitur SEO friendly juga disematkan pada Ratio sehingga memudahkan pengguna internet menemukan blog Anda.

6. StudioPress

Template Blogger Responsive StudioPress
Template Blogger Responsive StudioPress
Anda seorang web designer? Atau fotografer? Apapun pekerjaan Anda, StudioPress adalah template blogger yang diciptakan untuk pelaku industri kreatif.

Jadi, menggunakan template ini untuk blog portfolio atau bisnis freelance Anda sungguh tepat. Tampilannya yang bersih dan simple menunjukkan kesan profesional.

Apapun browser yang digunakan pengunjung blog Anda, tidak masalah. StudioPress sudah teruji di hampir semua browser dengan kecepatan optimal.

Salah satu keunggulan template ini adalah animasi lazy loading yang menawan. Bahkan, template ini memiliki fitur untuk melakukan perubahan warna tema dengan mudah.


7. Sanai

Template Blogger Responsive Sanai
Template Blogger Responsive Sanai
Ketika melihat template blogger ini, Anda mungkin langsung teringat blog Grammarly. Nuansa yang dibangun sekilas sama, ya?

Sanai merupakan template blogger responsive yang telah teroptimasi dari sisi kecepatan. Dengan demikian, pengunjung Anda tidak perlu menunggu lama ketika mengakses blog Anda.

Apapun jenis blog Anda, Anda bisa mencoba template multipurpose ini. Sanai memiliki tampilan yang elegan, dengan keseimbangan antara pilihan font yang enak dibaca dan ukuran gambar yang pas.

Tak hanya itu, Sanai sudah dilengkapi dengan Subscribe Box yang berfungsi untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin selalu mendapat update tentang blog Anda.

Kenapa Menggunakan Template Responsive Blogger?


Setelah melihat semua template blogger responsive, sebagian Anda mungkin bertanya: “Kenapa harus menggunakan template responsive?”

Desain responsive adalah sebuah teknik desain dimana website harus mampu tampil baik di berbagai ukuran layar, utamanya pada perangkat bergerak (mobile device).

Nah, apa alasan menggunakan desain responsive untuk blog Anda?

1. Disukai Mesin Pencari

Sejak 21 April 2015, Google menetapkan bahwa website yang mampu tampil baik di perangkat mobile akan mendapat prioritas rangking di mesin pencari.

Artinya, jika Anda tidak mengikuti ketentuan ini, blog Anda tidak bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Meskipun konten Anda berkualitas, jika menyulitkan pengguna ponsel untuk mengaksesnya, tidak akan direkomendasikan Google.

2. Menjangkau Lebih Banyak Orang

Saat ini sebagian besar orang mengakses internet melalui perangkat mobile mereka. Faktanya, 58% dari total semua trafik website berasal dari perangkat mobile.

Maka, jika Anda ingin menjangkau lebih banyak orang agar mengunjungi blog Anda, website Anda harus memiliki desain yang responsive.

3. Tidak Ditinggal Pengunjung

Jika pengguna internet mengunjungi blog Anda dan tidak tampak menarik di ponsel mereka, mereka akan segera pergi.

Dari sebuah studi, Google menyebutkan 61% pengguna tersebut tidak akan kembali lagi dan bahkan 40% dari mereka langsung beralih ke blog kompetitor.

Bagi sebuah blog bisnis atau blog freelancer, hal ini tentu berdampak sangat serius.

4. Tampil Lebih Profesional

Terutama bagi Anda yang membangun blog bisnis atau portofolio, menggunakan template blogger responsive akan menunjukkan profesionalitas Anda. Sebab, pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan mengunjungi blog Anda.

Jika ingin membuat blog Anda semakin terpercaya, sebaiknya Anda menggunakan custom domain untuk menampilkan brand identity Anda. Jadi, Anda tidak lagi menggunakan nama bisnisdigital.blogspot.com, namun bisnisdigital.com.

Saatnya Menentukan Template Blogger Pilihan Anda!

Banyak juga ya pilihan template blogger responsive yang bisa Anda gunakan? Tentunya semua pilihan di atas membuat Anda lebih leluasa dalam mempercantik tampilan blog Anda.

Selain menarik, template responsive blogger juga memberikan jaminan performansi yang baik pada blog Anda. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pengunjung Anda. Dengan demikian, pengunjung akan semakin betah berlama-lama di blog Anda.

Selamat menentukan pilihan dan happy blogging!

Belum ada Komentar untuk "7 Template Blogger 2020 Responsive dan Gratis"

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel