Iklan di bawah Navigasi

10 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Mendaftar Google AdSense, Penyebab Situs Ditolak

Pegud.com - Google AdSense adalah salah satu layanan periklanan paling populer hingga saat ini. Google AdSense menawarkan banyak sekali pilihan ukuran iklan, metode pengiriman, tool pelaporan, dan pembayaran yang mudah dan cepat.

Mengapa google adsense ditolak
Mengapa google adsense ditolak
Google AdSense di awal peluncurannya begitu mudah menerima situs yang diajukan untuk di monetisasi, namun tidak berlaku untuk saat ini. Mengapa? Karena banyaknya situs yang mengajukan pendaftaran maka semakin ketat pula Google dalam melakukan seleksi situs yang diterima. Mereka ingin memastikan kalau website yang diterima menjadi publisher merupakan situs yang berkualitas.

Sebelum Anda mencoba untuk mengajukan monetisasi situs, penting bagi Anda untuk mengetahui aturan main yang ditetapkan oleh Google Adsense. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apa saja kesalahan saat mendaftar Google AdSense sehingga menyebabkan situs Anda ditolak.

Berikut saya rangkum 10 kesalahan umum yang sering dilakukan blogger khususnya pemula sehingga mereka ditolak saat mendaftar Google AdSense.

1. Situs website Anda terlalu baru

Ini adalah salah satu faktor pertama yang harus Anda perhatikan. Google tidak mau bekerja sama dengan situs website yang baru saja dibuat. Bagaimanapun situs baru tidak akan memberikan banyak manfaat baik untuk Anda sebagai calon publisher maupun untuk pengiklan.

Karena banyak orang dan perusahaan mengandalkan iklan di situs website mereka sebagai cara menghasilkan uang, tidak jarang bagi mereka langsung mengajukan permohonan Google AdSense sejak pertama meluncurkan situs website mereka.

Namun seringnya pendaftaran akan ditolak karena Google AdSense tidak mau dibuat sibuk oleh situs website yang 'baru lahir'.

Oleh sebab itu, jika blog anda belum berusia 6 bulan, sebaiknya urungkan niat anda untuk mendaftar Google AdSense. Fokus lah pada pengembangan website sehingga pada saat berusia 6 bulan, website anda sudah cukup layak untuk diterima.


2. Konten buruk

Google ingin memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan mereka. Untuk mencapai tujuan itu, mereka tidak mau menerima website dengan konten yang tidak layak. Oleh sebab itu, website yang memiliki kualitas konten yang buruk akan secara otomatis ditolak.

Maka pastikan dulu bahwa blog yang Anda bangun memiliki konten yang bagus. Konten yang bagus dan berkualitas akan menguntungkan semua pihak dan dalam jangka panjang akan menguntungkan Anda juga.

Beberapa Aspek dalam konten berkualitas di antaranya:

  • Konten membahas secara komprehensif
  • Konten memberikan manfaat bagi pembaca
  • Konten tidak menumpuk kata kunci
  • Dan yang terpenting, tidak melanggar ketentuan Google

3. Mengakali trafik pengunjung

Sangat penting bahwa anda memiliki trafik yang stabil sebelum memutuskan untuk mendaftar. Trafik menandakan bahwa konten anda berkualitas tinggi dan diminati para pembaca. Namun jika Anda menggunakan cara licik untuk mendatangkan trafik ke situs Anda , ini berisiko tidak situs Anda akan ditolak. Misalnya menggunakan software trafik untuk mendatangkan trafik bot atau cara-cara licik semacamnya. Anda harus sabar dalam mengembangkan website dan mempromosikan konten anda agar dikunjungi banyak pembaca

4. Tidak ada halaman kebijakan privasi/ privacy policy

Ini adalah hal yang terlihat sepele namun menjadi sesuatu hal yang penting bagi Google Adsense bahkan mereka mengaturnya dengan begitu ketat. Google memperlakukan privasi pengguna dengan serius, dan mereka mengharapkan Anda juga melakukan hal yang sama. Anda harus membuat halaman kebijakan privasi atau pripacy policy di website anda karena mengabaikannya akan berakibat situs anda akan ditolak. Contoh privacy polucy seperti blog saya yang ada di navigasi footer.

5. Mendorong pengunjung mengklik iklan

Meski dalam bisnis afiliasi meminta pengunjung meng-klik atau mengunjungi link afiliasi adalah hal yang dibolehkan namun tidak dengan iklan PPC. Ini adalah hal yang sangat dilarang karena akan merugikan semua pihak. Google AdSense mengatur mengenai hal ini dan dalam syarat dan kebijakan pada Google Adsense tertera jelas bahwa mendorong atau mengajak pengunjung situs untuk meng-klik iklan adalah tindakan yang dilarang.

6. Tautan mengarah ke situs yang melanggar kebijakan Google

Google tidak ingin bekerja sama dengan situs yang mengarahkan pengguna atau memiliki link yang mengarah ke situs yang melanggar kebijakan Google. Adapun konten situs yang melanggar kebijakan Google di antaranya adalah situs yang mengandung konten dewasa, perjudean, menjual barang terlarang, dan melanggar hukum negara. Untuk itu, periksa kembali link yang mengarah keluar, jika ada yang mengarahkan ke situs sebagaimana yang dimaksud, segeralah untuk menghapusnya.


7. Server tidak stabil

Google Adsense hanya ingin bekerjasama dengan situs yang dapat diakses setiap saat. Inilah alasan mengapa server sangat penting. Periksa kembali kemampuan server hosting anda. Lihat juga kinerja kecepatannya. Bagaimana kondisinya saat trafik sedang tinggi, itu semua harus anda awasi dengan seksama.

Jika seandainya website anda down dan sulit diakses, Google Adsense akan langsung menolaknya karena website anda terlihat tidak profesional.

8. Konten anda melanggar kebijakan Google

Ada beberapa bentuk konten yang dilarang oleh Google seperti:
  • Menjual barang palsu atau ilegal
  • Konten dewasa atau jud!
  • Melanggar hak cipta
  • Melanggar hukum yang berlaku
  • Konten miskin konten dan menumpuk kata kunci

9. Usia Anda masih di bawah 18 tahun

Untuk dapat mendaftar Google Adsense, Anda harus berusia di atas 18 tahun. Jika usia Anda masih di bawah usia 18 tahun, mereka otomatis tidak akan menyetujuinya.

Namun jika Anda pemilik website yang berusia kurang dari 18 tahun, ada alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan mendaftarkan orang tua atau wali. Dalam hal ini, Google Adsense memperbolehkannya.

Namun pembayaran atau penerimaan pembayaran haruslah melalui orang tau atau wali yang Anda daftarkan.

10. Anda pernah ditolak karena melanggar kebijakan Google sebelumnya

Jika Anda sebelumnya pernah ditolak karena melanggar kebijakan Google kemudian mendaftar lagi, kemungkinan besar pendaftaran akan ditolak lagi secara otomatis, dalam hal ini, Anda telah kehilangan integritas atau kepercayaan di mata Google.

Dari sudut pandang perusahaan, Google pastinya memprioritaskan orang-orang yang serius ingin bergabung dengannya, mematuhi aturan yang diberlakukan. Lagi pula ada jutaan orang lainnya yang berusaha memperoleh persetujuan dari Google yang lebih berpeluang dan layak menurut Google.

Penting bagi Anda sebelum mendaftar untuk mengecek dengan seksama apakah anda memenuhi syarat dan ketentuan mereka karena jika anda mendaftar dalam kondisi melanggar kebijakan mereka, sulit untuk mendaftar kembali dan diterima.

Jika Anda pernah ditolak, Anda akan tahu bahwa Google menyertakan alasan mengapa pendaftaran Anda ditolak di email. Perhatikan dengan seksama, ubahlah bagian-bagian yang perlu diubah dan perbaiki sebaik mungkin sebelum mendaftarkan situs Anda kembali.

Jika Anda telah yakin bahwa sudah tidak ada lagi kesalahan di atas, Anda dapat mencoba untuk mendaftar dan pastikan lagi bahwa Anda yakin website Anda layak untuk bekerjasama dengan Google.

Jika Anda telah diterima Google, ketahui dan sadarilah bahwa banyak orang di luar sana yang kesulitan untuk diterima Google maka hargailah akun yang Anda miliki sebagai sebuah tanggung jawab yang Anda ambil.

Jangan tergoda untuk melakukan hal-hal yang dilarang oleh Google untuk meningkatkan PPC karena itu justru akan merugikan semua pihak termasuk kepada Anda sebagai pemilik situs. Jangan sampai akun Adsense yang sudah Anda perjuangkan menjadi sia-sia karena Anda telah melanggar ketentuan Google.

Anda dapat melakukan cara-cara yang legal yang diperbolehkan untuk meningkatkan pendapatan dari Google Adsense. Semoga berhasil dan salam blogger!

Belum ada Komentar untuk "10 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Mendaftar Google AdSense, Penyebab Situs Ditolak"

Posting Komentar



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel